Manusia vs komputer
19.48 | Author: Abdul Basith



Di era globalisasi ini, dimana teknologi semakin berkembang seperti komputer. Yang dahulunya sebuah kalkulator, kini menjadi sebuah perangkat yang multifungsi. Sehingga dapat memudahkan dalam pekerjaan manusia. Begitu juga manusia yang semakin cerdas dari hari ke hari yang selalu mengembangkan teknologi ini. Dan orang banyak mengira bahwa komputer sekarang tidak jauh beda dengan manusia. Namun tahukah bahwa komputer dan manusia itu mempunyai kecerdasan yang berbeda. Dan mempunyai perbedaan dan kesamaan dari sisi fisik, cara kerja bahkan logika yang berbeda.
Dalam kasus ini kita akan membahas perbedaan, persamaan, kelebihan, dan kekurangan dari kedua insan ini yaitu komputer dan manusia. Tentang masalah ini, kita harus tahu dulu pengertian antara manusia dan komputer.
Manusia adalah makhluk yang diciptakan Allah yang paling cerdas yang mempunyai akal dan fikiran yang berbeda dengan makhluk lainnya. Kelebihan inilah yang bisa menghasilkan ide - ide untuk merubah segala jenis benda menjadi barang terpakai. Salah satu contoh ide hasil penemuan manusia adalah Komputer.

komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata komputer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.
Dari pengertian di atas telah tampak manusia dan komputer mempunyai perbedaan dalam satu makna.

Rumusan masalah

a.      Apakah persamaan antara manusia dan komputer, dan jelaskan.
b.      Apakah perbedaan antara manusia dan komputer dan jelaskan.
c.       Apakah kelebihan manusia dibandingkan dengan komputer dan jelaskan.
d.      Apakah kelebihan komputer jika dibandingkan dengan manusia dan jelaskan.
e.      perbandingan antara manusia dan komputer dalam memproses data (bandingkan cara kerjanya).

Pembahasan

Setelah kita mengetahui pengertian antara manusia dan komputer maka kita sudah paham bahwa manusia berbeda dengan komputer. Namun kita belum mengetahui perbedaannya secara rinci. Untuk yang petama kita membahas komponen yang ada pada keduanya antara kedua nya :

I.                    Perbedaan dan persamaan

1.      “otaknya” manusia dan komputer
pada segi fungsi otak terbagi lagi menjadi 3, yaitu ;
a.      Ingatan jangka panjang
Pada komputer terdapat hardware yang bernama harddisk. Yaitu perangkat untuk menyimpan informasi yang diinput dan tersimpan bisa dalam waktu lama, tergantung sang user membutuhkan informasi itu atau tidak. Dan suatu saat bisa juga informasi yang ada dalam harddisk itu dikeluarkan. Contohnya seperti menyimpan file database, video, audio gambar aplikasi dan lain-lain.
Pada manusia ada yang dikenal sebagai Long term memory (LTM). Long term memory (LTM) adalah ingatan jangka panjang. Dikatakan jangka panjang karena ingatan tersebut disimpan di bagian otak yang menyimpan data secara permanen. Bagi manusia, kejadian-kejadian yang akan masuk ke dalam memori jenisini adalah kejadian-kejadian yang sangat berkesan, menjadi pelajaran, dan perlu untuk diingatnya. Misalkan, ketika masih kecil, seseorang sangat terkesan ketika melihat seorang tentara berpakaian rapi dan gagah, maka ingatan tersebut akan terus terbawahingga ia tumbuh menjadi remaja yang memiliki cita-cita ingin menjadi tentara
b.      Ingatan jangka pendek
Pada komputer, dikenal dengan RAM atau bisa disebut dengan Random Access Memory. RAM adalah sebuah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara. Sistem kerja RAM pada dasarnya menyimpan dan menyuplai data-data penting yg dibutuhkan Processor dengan cepat untuk diolah menjadi informasi.
Pada manusia dikenal namanya dengan Short term memory (STM) adalah ingatan jangka pendek. Dikatakan jangka pendek karena ingatan tersebut hanya dapat diingat dalam waktu sesaat. Biasanya, bagi manusia, kejadian-kejadian yang masuk ke dalam memori jenis ini adalahkejadian-kejadian yang tidak terlalu dihiraukannya (akan diabaikan saja) atau tidak menjadi pusat perhatiannya. Misalkan, dua hari yang lalu, saya bertemu dengan beberapa orang teman lama di acara reuni, tetapi saya sudah lupa teman-teman saya itu kemarin mengenakan baju warna apa masing-masing.
c.       Memproses informasi
Pada komputer ada yang di kenal sebagai prosesor. Alat ini kecil namun inilah pusat dari pengaturan jalur data atau bisa disebut sebagai otaknya komputer. sebuah chip dalam sistem komputer yangmenjalankan instruksi-instruksi program komputer. Dalam setiap detiknya prosesor dapat menjalankan jutaan instruksi. Proses yang dilakukan oleh prosesor hanyalahsebatas melakukan perhitungan aritmatik dan logika.
Sedangkan ada manusia juga pastinya memiliki otak, namun otak manusia ini sangat kompleks baik dalam segi susunan arsitekturnya maupun proses dalam menangkap informasi. Dan otak manusia ini pula sangat cerdas sehingga mereka mempunyai banyak ide untuk menciptakan dan mengembangkan sesuatu.

berikut persamaan otak manusia dengan komputer adalah :
-          Otak dan komputer sama-sama menggunakan sinyal listrik untuk mengirim pesan.
-           Otak dan komputer sama-sama mengirimkan informasi
-          Otak dan komputer sama-sama memiliki memory yang dapat berkembang
-           Otak dan komputer sama-sama dapat beradaptasi dan belajar.
-           Otak dan komputer sama-sama telah ber evolusi.
-          Otak dan komputer sama-sama membutuhkan energi.
-          Otak dan komputer sama-sama bisa rusak.
-           Otak dan komputer sama-sama bisa sakit.
-          Otak dan komputer dapat berubah dan dapat dimanipulasi.
-          Otak dan komputer sama-sama bisa mengerjakan matematika dan masalah logika lainnya.
-           Otak dan komputer sama-sama dipelajari oleh ilmuan.
perbedaan otak manusia dengan komputer adalah :
otak :
-          menggunakan zat kimia untuk informasi.
-          sinyal bergerak lambat.
-          Memory tumbuh dengan pertambahan koneksi syaraf.
-           Cepat belajar.
-           Satu pekerjaan satu waktu (kecuali pada sistem syaraf otonom).
-           Ukuran otak tidak berubah dalam 100 ribu tahun terakhir.
-           Bahan bakarnya oksigen dan gula.
-           Sekali rusak, selnya tidak dapat diganti.
-           Memiliki sistem back up bila beberapa sel rusak.
-           Tidak pernah berhenti bekerja.
-           Lambat mengerjakan matematika dan logika.
-           Mampu berimajinasi.
Dalam penjelasan diatas bahwa “otaknya” komputer dan manusia sangat lah berbeda, Baik dalam segi bentuk, arsitekturnya dan cara kerjanya. Namun mereka mempunyai fungsi yang sama.
2.      Bahasa
Dalam sebuah komputer juga memiliki bahasa sendiri untuk mengerjakan sesuatu, sehingga manusia harus mempelajarinya terlebih dahulu agar dapat memberikan instruksi kepada komputer. Dalam bahasa komputer terkenal dengan istilah bahasa mesin (machine language) sedangkan manusia menulis perintah dalam bahasa manusia (bahasa pemrograman umumnya menggunakan bahasa Inggris), banyak bahasa pemrograman yang telah disediakan,seperti COBOL, RPG, C++, dan ratusan bahasa lainnya. sehingga, komputer akan melaksanakan perintah tersebut setelah bahasa pemrograman tersebut diterjemahkan ke dalam bahasa mesin.
Dalam hal ini mereka mempunyai fungsi yang sama yaitu menggunakan bahasa sebagai alat komunikasi, hanya perbedaannya yaitu jenis bahasanya. Seperti perbedaan  bahasa Indonesia dan inggris, prancis, dan lain-lain. Kita sebagai manusia hanya butuh belajar untuk memahami bahasa komputer tersebut (bahasa mesin).
3.      Virus komputer: Penyakit manusia
Bukan hanya manusia yang dapat diserang penyakit, komputer juga demikian,meski yang ’membuat’ penyakit itu juga manusia itu sendiri, yang disebut dengan’virus komputer.’ Virus komputer adalah program yang dibuat untuk ”disusupi” keoperating system yang bila ia berhasil menyusup, maka panduan kerja komputer akankacau. Hal ini mirip dengan seorang pegawai yang tidak menaati tata tertib kerjasehingga pekerjaan yang harus dikerjakannya akan diabaikan atau bahkan akandirusaknya.Virus komputer disusupi melalui operating system agar kinerja komputer tidak  berjalan sebagaimana mestinya. Misalkan, seharusnya ia meng-copy file, malah yangdilakukan adalah men-delete-nya. Atau, ketika ia ”bangun tidur” ia tidak dapatmengecek kesiapan ”tubuhnya” sehingga ia merasa ”lumpuh” sehingga tidak mau bangkit (hang), dan sebagainya, tergantung sifat virus yang disusupinya.
4.      Perbedaan  dalam struktur kognisi manusia dan arsitektur komputer
a. Struktur Kognisi Manusia
Piaget (dalam Darkusno) menjelaskan bahwa struktur menggambarkan perkembangan kognisi seseorang. Struktur merupakan intereasi (saling berkaitan) sistem pengetahuan yang mendasari dan membimbing tingkah laku intelegen. Struktur kognitif diistilahkan dengan konsep Skema, yaitu seperangkat keterampilan, pola-pola kegiatan yang fleksibel, yang dengan adanya itu anak-anak akan dapat memahami lingkungannya.
Dalam struktur kognisi manusia, pemprosesan informasi terdiri atas tiga bagian:
-           Input, yaitu proses informasi dari lingkungan atau stimulasi yang masuk ke dalam resptor-reseptor panca indera dalam bentuk penglihatan, pendengaran, dan rasa.
-          Proses, yaitu pekerjaan otak untuk mentransformasikan informasi atau stimulus dalam cara yang beragam.
-          Output, yang berbentuk perilaku seperti, bicara/ucapan, menulis, interaksi social, dan lain sebagainya.
b. Arsitektur komputer
Setiap komputer memiliki arsitektur dasar yang sama, sama halnya seperti struktur kognisi manusia, komputer juga memiliki skema, yang dikenal dengan komputer schema, yaitu diagram yang menggambarkan unit-unit dasar yang terdapat dalam semua sistem komputer.
Dalam arsitektur komputer, pemprosesan informasi terdiri atas tiga bagian pula:
-          Input device, memasukan data kedalam primary storage. Contohnya: keyboard, mouse, scanner, dan lain-lain.
-          Secondary memory / secondary storage, yaitu tempat menyimpan data, informasi, dan program secara permanen sebagai berkas atau file. Contohnya: magnetic tape, hard disk, removable hardisk, floppy disk, zip drive, CD room, DVD room, mechanical storage.
-           Output device, hasil dari pengolahan. Dari hasil pemrosesan ini dapat dibagi menjadi empat bentuk, yaitu tulisan, gambar, suara, dan bentuk lain yang dapat dibaca oleh mesin. Contohnya: printer, graph plotter, monitor, dan lain-lain.
5.      Sumber energy
Manusia tidak bisa hidup tanpa makan, dan komputer tidak bisa hidup tanpa listrik. Inilah yang membedakan manusia dan komputer. Agar manusia dapat mengolah informasi dibutuhkan energy untuk mendapatkannya begitu juga komputer, yang membutuhkan listrik agar dapat bekerja dalam proses mengolah informasi.
6.      Kerusakan
Manusia bisa mengalami amputasi tangan, kaki atau anggota tubuh. Jika komputer mengalami hal yang sama seperti kerusakan komponen elektronik di dalam cpu misalnya. Pilihannya hanya dua, yaitu diperbaiki atau diganti. Hal ini pula yang membedakan manusia dan komputer. Jika manusia kehilangan atau kerusakan pada suatu sel, maka akan sulit bahkan tidak bisa diperbaiki dan diganti. Sedangkan pada komputer, kita hanya pergi ke toko komputer dan membeli keperluan yang dibutuhkan agar komputer tersebut dapat berjalan dengan baik.
7.      makhluk hidup >< makhluk mati
ini jelas yang menjadi pembeda antara manusia dan komputer. manusia itu sebagai makhluk hidup dan komputer ialah hanya sebuah benda mati. seperti yang kita ketahui makhluk hidup mempunyai ciri yaitu bernafas, berkembang biak, tumbuh, makan, bergerak, membuang sisa metabolisme. dalam ciri-ciri di atas tidak ada pada komputer. walaupun ada komputer yang bergerak seperti robot.

II.                Kelebihan antara manusia dan komputer

Dalam perbedaan dan persamaan  antara manusia dan komputer yang telah dibahas di topic sebelumnya. Maka dapat kita ketahui pula kelebihan dari keduanya. Dalam topic ini kita hanya membahas kelebihan yang spesifik.

Berikut ini lah perbandingan kelebihan yang dimiliki manusia maupun komputer.

1.      Kemandirian
Pada manusia memiliki suatu akal untuk melakukan sesuatu dan dapat melakukan tindakan sendiri tanpa diperintah oleh siapapun. Hal ini berbeda pada komputer. komputer tidak memilki kemandirian sehingga membutuhkan brainware atau  manusia untuk memerintahnya sehingga komputer tersebut dapat berjalan sesuai perintah. Tanpa brainware komputer hanya benda tiada guna.
Sinyal
Sinyal ini dalam kata arti yaitu kecepatan dalam mengolah informasi. Baik dengan cara input, output dan memprosesnya. Dalam hal ini komputer menang dalam kecepatan pengolahan proses ini. Sehingga Kecepatan dalam menjalankan suatu operasi dasar, seperti misalnya perhitungan pertambahan, pengurangan, pembagian, dll yg sangat cepat.
Adapun satuan kecepatan proses komputer adalah sebagai berikut :
o   Millisecond (ms) = kecepatan ribu operasi per detik ( 1 / 1.000 )
o   Microsecond (us) = kecepatan juta operasi per detik ( 1 / 1.000.000)
o   Nanosecond (ns) = milyard operasi per detik ( 1 / 1.000.000.000 )
o   Picosecond (ps) = triliun operasi per detik ( 1 / 1.000.000.000.000 )
Hal ini berbeda dengan manusia. Walaupun memiliki jaringan saraf otak yang banyak dan sangat cerdas, namun manusia memiliki kekurangan dalam kecepatan mengolah informasi. Hal ini karena manusia membutuhkan proses berfikir lagi sedangkan komputer memiliki yang namanya prosesor. Semakin bagus prosesornya, semakin cepat pula komputer dalam mengolah informasi.

2.      Memori
Dalam kapasitas memori, manusia lebih unggul dari komputer. Karena manusia dapat menyimpan baik gambar, suara, dan gerakan dari sewaktu masih kanak-kanak hingga kakek-kakek. Sedangkan saat ini para ilmuwan belum menemukan memory yang memiliki kapasitas yang melebihi manusia. Namun manusia memiliki kekurangan yaitu lupa dan manusia juga tidak merekam sedetail-detail sebuah kejadian atau informasi, sedangkan komputer menyimpan hal itu, walaupun itu kecil.

3.      Teliti
Karena dulunya komputer itu ialah sebuah kalkulator. Hal ini tidak diragukan lagi pada sebuah komputer sekarang yang memilki ketelitian yang sangat tinggi. Karena didalam komputer tersebut telah disusun algoritma yang sangat tersusun matematis sehingga tingkat keteledoran/ ketidaktelitian pada komputer itu nol.
4.      Energy
Seperti yang sudah dibahas perbedaan antara energy manusia dan komputer sangat lah berbeda. Namun pada manusia, mereka dapat mencari energy itu sendiri, dapat diolah dan dikonsumsi. Sedangkan komputer, membutuhkan manusia untuk menyediakan energy listrik pada komputer ini agar dapat hidup. Untuk masalah ketahanan, komputer dapat bekerja terus menerus tanpa lelah, jika dia memiliki energy listrik yang memadai, sedangkan manusia, walaupun mereka makan, mereka butuh istirahat untuk memulihkan energy mereka yang mereka buang.

kesimpulan

setelah mengetahui antara perbedaan, persamaan dan keunggulan antara komputer dan manusia. hal ini tidaklah jauh berbeda, maksudnya yaitu dari setiap perbedaan, dapat kita ketahui pula keunggulan keduanya. dan terdapat juga persamaannya. namun manusia tetap makhluk yang luar biasa yang diciptakan oleh Allah Subhanahuwata'ala.






Referensi


This entry was posted on 19.48 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

1 komentar:

On 19 Mei 2014 17.12 , Daniel Dani mengatakan...

keren son (y)